Akses Door

Tips untuk Menerapkan Akses Door atau Kunci Pintu Digital

Ketika mendapatkan petunjuk dari perangkat nirkabel yang memiliki protokol dan kunci kriptografis dalam proses otorisasi. Keberadaan kunci pintu digital atau di kenal dengan akses door merupakan solusi dalam meningkatkan sistem keamanan rumah Anda. Ketika Anda telah meningkatkan level keamanan rumah, sehingga Anda dapat merasa lebih nyaman.

Anda tidak perlu khawatir tentang keadaan rumah ketika Anda meninggalkannya dalam waktu yang lama. Teknologi yang digunakan dalam kunci pintar ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan remote control. Anda juga dapat melihat semua orang, kapan saja yang melakukan akses ke pintu rumah Anda. Anda juga dapat melihat riwayat akses tersebut dalam aplikasi melalui akses door  yang digunakan. Produsen umumnya mengembangkan perangkat dan aplikasi yang dapat digunakan dalam satu kesatuan.

Memahami model akses door atau kunci pintu digital

Mengenai model kunci pintu digital merupakan konsep keamanan misalnya, mengontrol akses keluar masuknya orang yang mungkin tidak dikenal. Ada tiga model paling umum adalah:

Discretionary access control (DAC) – Bagi pemilik bisnis dalam memutuskan orang mana yang memiliki hak atas area tertentu melalui beberapa jenis panel kontrol. Ini adalah model yang paling tidak membatasi karena pemilik bisnis bukan ahli keamanan dan mungkin secara tidak sengaja memberikan tingkat akses yang salah kepada seorang. Oleh karena itu, model ini dipandang berisiko bagi bisnis sehingga paling tidak digunakan.

Mandatory access control (MAC) – Dengan model ini sering digunakan dalam organisasi yang membutuhkan kerahasiaan tinggi. MAC menggunakan otoritas pusat untuk mengklasifikasikan akses yang diberikan kepada setiap karyawan melalui pedoman yang ditetapkan. Organisasi, khususnya di bidang teknologi, mungkin menemukan MAC cocok untuk perusahaan mereka dengan memiliki Petugas Keamanan di kantor yang bertanggung jawab untuk menentukan kebijakan di banyak lokasi berbeda. MAC memungkinkan perusahaan untuk menerapkan praktik kontrol akses yang konsisten di tempat tanpa mengorbankan praktik terbaik.

Role based access control (RBAC) – Sebagian besar bisnis saat ini menggunakan model ini untuk mengakses segmen berdasarkan jabatan pekerjaan. Administrator sistem akan menggunakan RBAC ini untuk memastikan setiap peran hanya menerima akses ke area yang mereka butuhkan. Akses berbasis peran dapat memasukkan aturan seperti ketika seseorang dapat memasuki area. Beberapa vendor kontrol akses memungkinkan administrator untuk membuat aturan untuk tamu yang menggunakan perangkat seluler. Meskipun RBAC mungkin tampak rumit, relatif mudah diterapkan dan paling aman.

Selain itu, metode akses door atau kunci cerdas dapat dilakukan dengan beberapa cara, termasuk:

1. Metode PIN

Metode PIN adalah metode yang banyak digunakan oleh pemilik yang menggunakan kunci pintar. Dengan menggunakan pengaturan kode PIN membutuhkan langkah yang terbilang kompleks.

Anda dapat membuat entri kode PIN dalam jangka waktu tertentu dan berlaku untuk jangka waktu tertentu. Anda harus mengikuti semua langkah yang diperlukan untuk membuat pengaturan PIN. Selain itu, Anda juga harus melihat batas pada jumlah nomor atau kode PIN yang dapat digunakan sebagai pintu sistem keamanan. Anda juga dapat mengubah PIN rumah secara teratur untuk mengantisipasi orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang ingin tahu kombinasi PIN akses door rumah Anda.

2. Metode RFID

Metode RFID atau teknologi identifikasi frekuensi radio adalah komunikasi dengan gelombang elektromagnetik, yang bertujuan untuk mengubah terminal data dengan sebuah objek. RFID juga dapat diterapkan untuk membuat sistem otomasi doorlock atau kunci pintu otomatis.

Teknologi ini umumnya diterapkan dalam kartu yang memiliki ID unik untuk mengakses pintu. Metode ini umumnya dilakukan penyadapan kartu terhadap sensor pada alat di pintu. Metode kunci cerdas jenis ini umumnya diterapkan secara luas dalam sistem keamanan kamar hotel.

3. Metode biometrik

Metode biometrik yang paling umum digunakan adalah penggunaan sidik jari, meskipun saat ini metode biometrik juga sudah bisa menggunakan retina . Anda dapat mengakses kunci rumah Anda dengan sidik jari yang tercatat dalam sistem akses door.

4. Entries

Entries termasuk setiap pembukaan beraliran listrik atau otomatis: pintu, gerbang parkir, pintu putar, lantai lift, lemari penyimpanan di mana saja yang perlu dibatasi aksesnya. Pintu kunci pintu digital tau akses door menunjukkan apakah pintu disangga terbuka atau tertutup, atau dipaksa terbuka tanpa otentikasi yang valid atau permintaan untuk keluar. Sensor dan tombol gerak Request to Exit (REX) digunakan untuk membuka kunci pintu ketika seseorang keluar.

5. Seluler

Kredensial seluler memungkinkan Anda menggunakan ponsel cerdas Anda untuk membuka pintu. Dalam software administratif kontrol akses, pengguna diberikan kredensial seluler. Pengguna menginstal aplikasi seluler kontrol akses di ponsel cerdas mereka, masuk, dan mendekati pembaca. Pengguna kemudian membuat permintaan membuka kunci menggunakan smartphone mereka.

Baik dengan mengetuk tombol di aplikasi, mengangkat telepon ke pembaca, atau dengan hanya menyentuh pembaca dengan tangan mereka saat ponsel mereka di saku atau tas. Dalam permintaan ini dapat dikirim ke ACU melalui pembaca, Bluetooth, melalui Wi-Fi, atau data seluler. Setelah kredensial seluler diautentikasi dan diotorisasi, maka entri tersebut akan terbuka.

Tips untuk meningkatkan keamanan

Pilih metode tombol pintar yang membuat Anda merasa nyaman dan mudah untuk digunakan. Ketika sistem keamanan didukung oleh perangkat berkualitas tinggi, dapat ditambahkan ke aplikasi tips sederhana untuk menggunakan kunci cerdas, antara lain:

 

  • Memberikan PIN kode akses yang berbeda untuk setiap anggota keluarga. Anda juga dapat mengubah PIN Anda dalam jangka waktu tertentu.
  • Anda dapat melakukan pengaturan terhdaap perangkat kunci pintar yang ternyata mati secara otomatis ketika salah saat memasukkan kode.

Ini merupakan langkah praktis yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan keamanan rumah Anda adalah dengan menggunakan akses door atau kunci pintu digital.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×