fingerprint and password lock

Jenis-Jenis Fingerprint dan Karakteristiknya

Saat kebanyakan orang mungkin berpikir tentang fingerprint atau biometrik, mereka membayangkan sidik jari atau pengenalan wajah, akan tetapi ada begitu banyak jenis fingerprint atau biometrik yang digunakan saat ini untuk mengidentifikasi dan mengotentikasi individu. Baik untuk keamanan, akses, atau pencegahan penipuan, fingerprint hadir dalam berbagai bentuk, dan perangkat lunak yang diperlukan untuk mengumpulkan data dan telah berkembang dengan cepat.

Pembaca sidik jari

Di perangkat ini, proses memindai sidik jari seseorang, lalu membandingkan gambar tersebut dengan template yang disimpan sebelumnya. Pendekatan ini memanfaatkan karakteristik struktural sidik jari manusia untuk menghasilkan perkiraan yang akurat 99 persen.

Pembaca retina

Teknologi retina menggunakan pembuluh darah kecil di bagian belakang mata untuk mengidentifikasi dan membandingkan gambar lokal dengan informasi yang disimpan sebelumnya. Dalam hal teknologi ini, akurasi identifikasi juga cukup akurat.

Pengenalan wajah

Sistem ini diterapkan pada struktur tengkorak umum, selain posisi mata, hidung dan mulut, untuk mengkonfirmasi identifikasi dengan membandingkan karakteristik tersebut dengan informasi pengukuran yang disimpan sebelumnya. Keakuratan proses ini agak kurang akurat daripada Fingerprint atau pemindaian retina, karena gambar lokal dapat dipengaruhi oleh posisi kamera atau pencahayaan.

Pengenalan suara

Dalam pengenalan suara menggunakan perekaman pola serangkaian perintah suara, kemudian membandingkan hasil audio lokal di kemudian hari dengan karakteristik informasi yang direkam sebelumnya. Ketepatan untuk teknologi ini tinggi, karena mekanisme getaran suara manusia hampir berbeda dengan pencetakan fingerprint.

Keuntungan menggunakan pemindai sidik jari atau fingerprint

Sistem pembaca sidik jari saat ini dianggap sebagai salah satu metode biometrik terbaik, yaitu, yang mendasarkan pengakuan melalui karakteristik pribadi – dalam hal ini sidik jari – yang dapat diverifikasi secara otomatis dan instan. Apa kelebihan sistem ini?

 

  • Menghindari peniruan: setiap orang memiliki desain sidik jari mereka yang unik dan tak tergantikan.
  • Mengatasi masalah lupa kode dan kata sandi.
  • Pengguna tidak perlu menggunakan kunci kartu, Jadi tidak ada risiko elemen identifikasi fisik yang hilang.
  • Ini adalah sistem verifikasi yang aman, andal, dan cepat.
  • Ini adalah pengakuan paling sederhana, paling efisien dan paling ekonomis dari semua yang didasarkan pada karakteristik biometrik.
  • Jenis pembaca sidik jari terbaik untuk perusahaan Anda

Manfaat teknologi biometrik

Salah satu manfaat yang diberikan oleh teknologi biometrik adalah tidak perlu membawa kartu atau kunci untuk mengakses. Infrastruktur jaringan bisnis besar, identifikasi pemerintah, transaksi perbankan yang aman, dan layanan sosial dan kesehatan, di antara bidang-bidang lainnya, sudah mendapatkan manfaat dari penggunaan jenis verifikasi ini.​

Terkait dengan teknologi pembatasan akses lainnya, biometrik menjamin salah satu tingkat otentikasi paling jujur ​​saat ini. Selain itu, menghindari karena harus mengingat kata sandi atau nomor PIN akses akan segera diatasi berkat penggunaan metode biometrik, karena yang terakhir memiliki kelebihan penting: mereka terkait langsung dengan pengguna, akurat dan memungkinkan lakukan jejak audit.

Penggunaan perangkat biometrik memungkinkan biaya administrasi menjadi lebih kecil, karena hanya pemeliharaan pembaca yang harus dilakukan, dan bahwa seseorang bertanggung jawab untuk menjaga database diperbarui. Manfaat lain: karakteristik ini dari satu orang tidak dapat ditransfer ke orang lain.

Fitur penggunaan dan pemasangan fingerprint

Sistem kontrol akses biometrik bekerja berdasarkan prinsip pengenalan sidik jari atau jari, suara, wajah, retina. Sistem seperti ini memungkinkan Anda untuk mengontrol waktu kedatangan dan pulang dari tempat kerja.

Tetapi sangat penting untuk mempertimbangkan mengenai hal yang mungkin dalam semua kasus. Misalnya, untuk perusahaan di mana pekerja mungkin mendapatkan tangan mereka kotor atau tergores karena alasan produksi, sidik jari atau metode telapak tangan tidak digunakan. Dalam hal ini, pengenalan suara atau retina mata, wajah akan efektif.

Selain itu, sistem ini tidak direkomendasikan di ruangan berdebu tempat pemindai mungkin tidak berfungsi dengan benar. Untuk alasan ini, ini menempatkan peralatan lebih baik di pos pemeriksaan, di mana kondisi untuk pemindaian lebih mudah.

Biometrik seperti fingerprint memberikan peluang untuk menyelesaikan berbagai masalah, tetapi untuk keberhasilan penerapannya, perlu untuk secara kompeten mendekati desain dan pemilihan peralatan.

Untuk melakukan ini, pertimbangkan kondisi berikut:
  • Fasilitas tempat sistem kontrol dipasang;
  • Jumlah orang yang akan melewati pintu masuk setiap hari;
  • Kontrol akses yang disukai
  • kondisi operasi umum peralatan;
  • jenis perangkat kontrol;
  • sistem untuk menyimpan data biometrik.

Yang paling umum adalah pembaca sidik jari. Ini memiliki dimensi kecil, dapat dipasang tidak hanya di dekat pintu, tetapi juga di pegangan pintu, yang sangat memudahkan penggunaan perangkat. Biaya perangkat semacam ini cukup murah, tetapi memberikan tingkat keandalan yang tinggi.

Model seperti ini biasanya digunakan untuk hotel, rumah, dan kantor. Fitur dari sistem ini adalah bahwa jumlah kegagalan sangat kecil.

Perangkat yang lebih kompleks digunakan untuk perusahaan besar dan dalam industri, tetapi mereka terutama
dipasang di pos pemeriksaan, dekat pintu masuk, ruang terpisah, dan gudang “bersih”. Pemindai dapat mengenali telapak
tangan dan sidik jari, data lain, yang utama adalah bahwa metode ini cocok dengan kondisi penggunaan perangkat.

Untuk pusat kantor dan administrasi, pemindai sidik jari digunakan dengan kemungkinan zonasi ruang, dengan mempertimbangkan berbagai tingkat akses untuk staf dan pengunjung.

Prinsip pengoperasian peralatan tergantung pada kondisi untuk membaca informasi, tetapi yang utama adalah
bahwa operasi dilakukan secara instan, memungkinkan atau memblokir bagian tersebut. Ini sangat penting untuk tempat dengan lalu lintas tinggi, di mana dapat menyebabkan kerumunan besar orang di dekat pintu masuk.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×